Breaking News
Loading...

Makhluk Purba Mirip Rokok Berusia 520 Juta Tahun

Makhluk Purba Mirip Rokok Berusia 520 Juta Tahun
Sekira 520 juta tahun lalu, Bumi merupakan rumah bagi makhluk hidup dengan berbagai ukuran maupun bentuk. Peneliti mengungkapkan temuan mereka yang menunjukkan spesies aneh berusia ratusan juta tahun lalu dengan bentuk menyerupai rokok.

Dilansir Softpedia, Rabu (26/5/2013), fosil spesies ini ditemukan di Maroko pada 2012. Dalam sebuah laporan terbaru yang diterbitkan di jurnal Proceedings of the Royal Society B, terungkap fosil hewan aneh tersebut merupakan Echinodermata (filum hewan laut yang mencakup bintang laut serta Teripang) primitif.

Ilmuwan menduga bahwa hewan kuno ini dapat berubah bentuk dalam keadaan tertentu. Mereka mengatakan bahwa hewan ini bisa memperluas bentuk tubuhnya atau menyusut.

Setiap kali melakukannya, makhluk itu juga mengubah panjang tubuhnya. "Ini adalah binatang berbentuk cerutu," ungkap peneliti Andrew Smith. Ia mengatakan, terkadang hewan ini bisa menjadi pendek dan gemuk serta mampu merubah dirinya menjadi panjang dan tipis.

Setiap kali memilih untuk menjadi langsing, makhluk itu bisa memiliki ukuran panjang 1,6 inci (4 centimeter). Echinodermata berhasil mengubah bentuk tubuhnya dengan bantuan lima ambulacra (area permukaan yang mampu memancar).

"Ini memiliki karakteristik yang menempatkannya sebagai Echinodermata paling primitif yang memiliki simetri lima kali lipat," ungkap Andrew Smith.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer